Assaalamualaikum
Photobucket

Selasa, 31 Maret 2009

Nama-nama lain dari Al-Fatihah

Nama-nama lain dari Al-Fatihah:

1. Ummul Kitab (induk al-Kitab), atau Ummul Qur'an (induk Al-Qur'an), Ummul Kitab/ ummul Qur’an , berarti induk atau ibu kitab. Disebut induk kitab karena Al Fatihah merangkum prinsip-prinsip dasar dari keseluruhan isi Al Quran.

2. As-Sabu'ul Matsani (Tujuh yang Diulang),Al Fatihah juga dinamakan As Sab'ul Matsany, yaitu:..

tujuh yang diulang-ulang, sebab Al Fatihah termasuk salah satu rukun shalat yang wajib dibaca. Jika setiap muslim wajib melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari, maka Al Fatihah terbaca 17 kali dalam sehari sesuai dengan jumlah rakaat shalat fardlu.

3. Ash-Shalah (Solat),

4. al-Hamd (Pujian),Dengan mempelajari kandungannya, seseorang telah memiliki dasar untuk mempelajari keseluruhan isi Al Quran. Al Hamdu, artinya segala puji, sebab ayat pertama Al Fatihah diawali dengan kata ini. (Bagi yang berpendapat bahwa basmalah bukan termasuk salah satu ayat dari surah ini) dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Al-Wafiyah (yang Sempurna),Disebut juga Al Wafiyah, artinya sempurna, sebab Al Fatihah memuat secara global isi kandungan Al Quran. Al kafiyah, artinya cukup. Dengan mempelajari kandungan Al Fatihah, cukup bagi seseorang mengenal secara umum isi Al Quran. Al Asas, artinya dasar. Al Fatihah adalah pondasi dasar Al Quran.

6. al-Kanzu (simpanan yang Tebal),

7. asy-Syafiyah (yang Menyembuhkan), Selain itu, Al Fatihah juga disebut As Syaafiyah, artinya yang menyembuhkan. Sebab firman Allah SWT yang tersusun pada untaian tujuh ayat yang tersebut Al Fatihah ini mengandung mukjizat yaitu bisa menyembuhkan penyakit ketika dibacakan kepada seseorang yang sedang menderita sakit tertentu.

8. Asy-Syifa (Obat),Didasarkan hadits dari riwayat ad-Darimi : Rasulullah berkata Al-fatihah itu adalah obat dari segala racun

9. al-Kafiyah (yang Mencukupi),Al kafiyah, artinya cukup. Dengan mempelajari kandungan Al Fatihah, cukup bagi seseorang mengenal secara umum isi Al Quran. Karena Al-fatihah mencakup 3 poin besar sebagaimana berikut ini : (1) Aqidah, (2). Ibadah, dan (3) Konsep Kehidupan.

10. al-Asas (Pokok).Al Asas, artinya dasar. Al Fatihah adalah pondasi dasar Al Quran.

By ajir




Related Articles by Categories


0 komentar:

Panduan Cara Mudah Belajar Bahsa Arab

Grab this Widget ~ Blogger Accessories